[tintuc]



 

عَنْ عَبْد الرَّحْمَنِ بْن عَوْفٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَبُو بَكْرٍ فِي الْجَنَّةِ وَعُمَرُ فِي الْجَنَّةِ وَعُثْمَانُ فِي الْجَنَّةِ وَعَلِيٌّ فِي الْجَنَّةِ وَطَلْحَةُ فِي الْجَنَّةِ وَالزُّبَيْرُ فِي الْجَنَّةِ وَعَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ عَوْفٍ فِي الْجَنَّةِ وَسَعْدٌ فِي الْجَنَّةِ وَسَعِيدٌ فِي الْجَنَّةِ وَأَبُو عُبَيْدَةَ بْنُ الْجَرَّاحِ فِي الْجَنَّةِ . رواه الترمذي

Dari Abdurrahman bin Auf, Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda,

“Abu Bakar di surga Umar di surga, Ustman di surga, Ali di surga, Thalhah bin Ubaidillah di surga, Zubair bin Awwam di surga, Abdurrahman bin Auf di surga, Sa’ad bin Abi Waqqash di surga, Sa’id bin Zaid di surga, Abu Ubaidah bin Jarrah di surga.”

(HR. At-Tirmidzi)

Zubair bin Awwam, tokoh terkemuka di antara sahabat Nabi Muhammad (sallallahu 'alaihi wa sallam), dikenang bukan hanya karena keberaniannya dan dedikasinya pada Islam, tetapi juga inovasinya dalam investasi Properti yang melebihi zamannya.


Kehidupan dan Karakter Zubair bin Awwam


Lahir di kota Makkah yang terhormat, Zubair bin Awwam berasal dari keluarga terkemuka. Ibunya, Safiyyah binti Abdul Muttalib, adalah bibi dari Nabi Muhammad (sallallahu 'alaihi wa sallam), dan ayahnya, Awwam bin Khuwailid, berasal dari garis keturunan terhormat. Zubair dikenal karena karakter mulianya, kejujuran, dan kemurahan hati, yang membuatnya dihormati dan dihargai oleh sesama sahabat maupun generasi selanjutnya.


Memeluk Islam dan Dukungan untuk Nabi

إِنَّ لِكُلِّ نَبِىٍّ حَوَارِيًّا ، وَحَوَارِىَّ الزُّبَيْرُ

“Setiap Nabi itu punya seorang Hawariyyun (pengikut setia). Pengikut setiaku adalah Az-Zubair.”

(HR. Bukhari)

Zubair bin Awwam termasuk di antara orang-orang pertama yang masuk Islam. Ia menerima pesan Nabi Muhammad (sallallahu 'alaihi wa sallam) pada usia muda dan mendedikasikan dirinya untuk menyebarkan Islam. Komitmennya pada agama ini teguh, dan beliau memainkan peran penting dalam mendukung Nabi pada awal perkembangan Islam, terutama dalam menghadapi oposisi dan penganiayaan dari suku Quraisy.


Infestor Properti yang Mendahului Zamannya




Salah satu yang menonjol dari sahabat Zubair adalah di bidang investasi properti. Ketika beliau wafat beliau mewariskan aset berupa 2 bidang tanah, 11 rumah di Madinah, 2 rumah di Basrah, 1 rumah di Kufah dan 1 rumah di Mesir. Aset itu beliau peroleh bermodal uang masyarakat yang dititipkan pada beliau, tapi beliau menolak titipan, sebagai gantinya beliau berakad hutang, sehingga uang itu bisa beliau investasikan pada properti diatas.


Mendukung Komunitas Muslim


Investasi properti Zubair bin Awwam bukan semata-mata untuk keuntungan pribadi, tetapi juga ditujukan untuk melayani komunitas Muslim. Ia dermawan dari keuntungan investasinya untuk mendukung berbagai inisiatif amal dan memberikan bantuan keuangan kepada yang membutuhkan. Usaha filantropisnya menjadikannya sosok penyayang dan peduli yang sangat memperhatikan kesejahteraan sesama Muslim.


Warisan dan Pelajaran


Warisan Zubair bin Awwam sebagai investor properti pertama dalam Islam menjadi contoh inspiratif bagi umat Muslim yang ingin terlibat dalam praktik bisnis yang etis dan bermanfaat. Semangat kewirausahaannya, yang dipadukan dengan dedikasinya pada Islam dan pelayanan pada masyarakat, memberikan pelajaran berharga bagi para investor kontemporer. Saat ini, banyak institusi keuangan Islam dan cendekiawan mengambil prinsip dan praktik para pengusaha Muslim awal seperti Zubair untuk mengembangkan kerangka keuangan Islam modern yang mengikuti pedoman etika dan mendorong tanggung jawab sosial.


Kesimpulannya, peran Zubair bin Awwam sebagai investor properti pertama dalam sejarah Islam menunjukkan kesesuaian prinsip-prinsip Islam dengan dunia bisnis dan perdagangan. Kehidupannya menjadi sumber inspirasi bagi umat Muslim di seluruh dunia, mendorong mereka untuk mengejar usaha bisnis mereka sambil menegakkan nilai-nilai integritas, belas kasihan, dan kesejahteraan sosial, sebagaimana yang diteladankan oleh sahabat mulia Nabi Muhammad (sallallahu 'alaihi wa sallam).

[/tintuc]